White Swan Online Store

Selasa, 21 Desember 2010

Pemasaran Gratis ala Chris Anderson

Berbagi untuk menang. Seperti yang kita ketahui jaman di dunia saat ini, semakin banyak orang-orang yang egois di dunia yang semakin padat ini, bukan hanya dari segi kepadatan penduduk, tapi juga dari segi jam kerja yang padat, pendidikan yang padat.
keegoisan tersebut berujung kepada bagaimana cara mereka berjualan dan mencari uang, bukan hanya di dunia nyata, bahkan hal tersebut terasa hingga ke dunia online. Mereka menghajar calon customer mereka dengan harga tinggi di depan , ada banyak alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut. Yang mungkin menjadi alasan mereka adalah, " saingan tambah rame, toko sepi, jadi harga dinaekkin aja biar tetep ketutupan biaya" . Atau " Kalo jualan murah mana bisa untung donk ", atau "harganya sudah pas, hasil wejangan dari mbah guru :p"
Hal – hal seperti inilah yang justru membunuh para pelaku bisnis di jaman yang semakin banyak kompetitor di dunia online ataupun di dunia nyata. Coba anda lihat berapa banyak bisnis franchise yang ada saat ini ? dari dulunya hanya sedikit sekarang apapun bentuknya dijadikan franchise, dijual kepada masyarakat peluang bisnisnya.. Kalau sudah sampai disini bagaimana cara anda survive, terlebih jika anda adalah pemain baru ?
ada beberapa kondisi khusus yang harus saya sampaikan, sebelumnya semakin jauh jika anda dalam bisnis online yang seperti blog ini sering membahas tentang hal tersebut, maka coba anda bayangkan niche tentang how to make money online, bukan hanya di luar negeri tapi di dalam negeri pun sudah menjamur meluber bleberan kemana-mana.. Maka disalah satu sesi coaching saya, selalu menekankan jangan bermain di niche make money online terlebih dahulu, karena beberapa alasan yang akan saya bahas nantinya.
Nah kondisi khusus yang mungkin memenangkan anda adalah, anda sudah famous sebelum market tersebut meluber. Akan lebih mudah untuk anda mengolah market yang semakin besar tersebut, karena anda sudah ada nama. Dan ini juga yang sering menjadi pertanyaan kepada saya, kalau Anda sudah ada yang mengenal, bagaimana dengan Saya yang notabene anak baru di dunia Internet Business ?. Nah, masalah sudah dikenal atau belum yang ingin saya tekankan disini adalah kondisi khusus , anggaplah itu hanya sebagai bonus dan jangan dijadikan acuan untuk menjadi sukses di dunia internet.


Masi ingat dengan statement menghajar calon customer mereka dengan harga yang tinggi ? , sama halnya di dunia nyata hampir semua penjual franchise memberikan franchise fee per 5 atau 10 tahun, dan juga penjual produk online memasang harga seenak perutnya. Mengapa tidak kita berbagi untuk menang ? Karena anda bermain di market yang sudah besar dan keras pertarungannya. Jika Anda sama seperti yang lain mematok franchise fee, atau memasang harga tinggi tanpa memperhatikan siapa anda di market tersebut. Sedikit orang yang akan melihat kepada anda, karena apa yang anda tawarkan itu sama dengan yang lain .
Berbagi bukan berarti tidak untung, berbagi bukan berarti menanggung rugi, berbagi juga bukan berarti hanya sekedar amal. Tapi berbagi disini , dijaman yang sudah sangat kompetitif dan padat persaingan adalah salah satu cara ampuh untuk menang . Dikarenakan teknologi digital sudah semakin berkembang dan akan terus membesar, bukankah lebih baik dalam berbisnis anda menggratiskan banyak hal yang bisa diambil alih oleh teknologi tersebut ? Dengan demikian anda bisa mengambil langkah jauh lebih baik dibandingkan kompetitor anda. Anda akan mengerti betul kata gratis sangat bermakna di benak calon customer anda saat anda mencoba menggunakan hal ini.
Sebagai contoh, Anda bisa membaca di buku FREE karangan Chris Anderson . Dimana dibuku tersebut dikatakan bahwa dilakukan sebuah penelitian tentang coklat ke sekumpulan orang-orang. Dimana ada 2 coklat yang pertama Hershey’s kisses seharga 1cent , dan Lindt truffles seharga 15cent. 75% dari sekumpulan orang tersebut memilih coklat truffles. Percobaan diulang kembali, kini masing-masing coklat dikurangi harganya sebanyak 1cent, sehingga coklat kisses GRATIS dan truffles menjadi 14 cent. Dan apa yang terjadi 69% dari kumpulan orang tersebut memilih coklat kisses. Anda juga bisa membalikkan meja permainan dengan cara ini !
Harga yang diturunkan sama-sama 1 cent, tapi kata GRATIS bisa seperti menempeleng kepala calon customer dengan sangat kencang , sehingga membuat mereka berbalik arah kepada Anda. Sekali lagi apakah ini adalah program amal dari usaha Anda ? atau Anda sudah siap menerima rugi dari apa yang diajarkan oleh Peter Kohar ? hehe… Mari kita lihat real example dari penggunaan kata-kata mistis ini. amazon menggratiskan shipping costnya, facebook gratis untuk join menjadi member, google memberikan email dan fitur search engine secara gratis. Dari mana mereka mendapatkan uang ? ya, seperti yang anda ketahui iklan .
Lalu bagaimana dengan contoh franchise yang saya jelaskan diatas. Dengan anda menggratiskan franchise fee didepan, maka anda akan bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk memutar langkah dari calon pembeli ke meja anda. Ingat berbagi untuk menang , apakah anda rugi dan tidak bisa membayar fee untuk managemen usaha anda nantinya ? tidak juga, anda bisa mengakalinya di harga bahan baku, harga instalasi booth, dan lain-lainnya. Perlu diingat disini "ada perbedaan besar di otak prospek kita antara MURAH dan GRATIS " , Anda bisa menggratiskan salah satu produk anda, dan itu akan menjadi viral yang menyebar kemana-mana, Anda minta mereka membayar 1.000 rupiah saja, maka Anda sudah berada di bisnis yang benar-benar berbeda. Yang dikatakan oleh Chris Anderson adalah " The truth is that zero is one market and any other price is another ".
Lalu apa fokus Anda peter dengan membahas berbagi untuk menang, dengan cara menggratiskan produk/ salah satu aspek didepan dan cara-cara lainnya yang dibahas di postingan kali ini. Dengan anda membebaskan harga, maka hal pertama yang menguntungkan anda adalah orang akan lebih cepat berpaling kepada anda, at least mereka mencoba rasa anda. apa untungnya untuk anda ? setelah mereka mencobai rasa anda, hal selanjutnya adalah, Anda jual gelas kedua dengan harga murah atau masih terjangkau. Karena saat ini mereka sedang haus akan Anda. Setelah itu anda bisa menjual gelas ketiga keempat dan seterusnya sampai anda juga bisa menjual gerobak anda ke mereka .
Nah kesalahan orang adalah , merekan menjual gerobak mereka kepada prospek di jalanan, yang notabene akan bertanya "Siapa Anda ?!?" . Keuntungan kedua dalam poin berbagi untuk menang adalah, Anda bisa mendapatkan keuntungan yakni menjadi lebih dikenal, dan memiliki "fans" dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan mereka yang apapun harus bayar. Terlebih jika Anda pandai memanage fans tersebut, bisa menjadi bola viral yang akan menarik lebih banyak orang lagi kedalam "fansclub" Anda, apa untungnya buat Anda ? Suatu saat anda ingin berjualan, tinggal berikan penawaran kedalam jumlah orang besar ini, maka akan lebih mudah untuk anda mencapai target penjualan dibandingkan anda keluar mencari 1 per 1 prospek di hutan internet belantara atau di bawah terik matahari jalanan.
Keuntungan ketiga adalah keuntungan yang tidak dinilai melalui uang, yakni saat anda membagikan produk anda secara gratis atau menggratiskan salah satu aspek sehingga LEBIH banyak lagi orang yang berpaling kepada Anda. Dan banyak dari orang tersebut meningkat kualitas hidupnya karena Anda atau produk Anda. Maka betapa bahagianya hidup Anda, dan semakin banyak juga orang yang mendoakan anda semakin panjang umur , sehingga bisa terus berbagi kepada dunia dan memberikan dampak yang baik bagi kehidupan di sekitar Anda. Hal inilah yang bisa menjadi passion anda dalam menjalankan "berbagi untuk menang " , karena bukan Anda saja yang menang, tapi orang-orang yang mendapatkan dampak positif dari Anda pun menjadi menang.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Incredible points. Sound arguments. Keep up the
amazing spirit.

Also visit my site - Beta Force Muscle

Afdal Vhaleandra mengatakan...

Masa Promo !

http://www.adf.my.id

Advertiser = Promo 10.000 visitor harga relatif murah cuma Rp.20.000,-
Publisher = Singkat URL dapet duit !

Di rancang khusus untuk wilayah indonesia !
Bayaran termahal jatuh pada pengunjung berasal dari INDONESIA !

Silahkan Daftar Sekarang Mumpung Masih Promo !

White Swan Online Store