White Swan Online Store

Rabu, 04 Februari 2009

Sales Territory & Time Management Bagian III – Routing Sales Territory

Petunjuk Routing (Membuat Rute)
Hal-hal yang perlu dilakukan dalam Routing agar perjalanan dalam
mencover area menjadi lebih pendek dengan waktu sesingkat mungkin :
  • Perjalanan keliling harus berbentuk melingkar.
  • Perjalanan keliling tidak boleh menyilang (cross).
  • Rute yang sama tidak boleh digunakan untuk pergi ke dan dari suatu
    pelanggan (Harus cari jalur yang berbeda yang lebih dekat untuk kembali
    ke home base).
  • Pelanggan pada area yang berdekatan harus dikunjungi secara berurutan.

Pola Routing

Rute yang efisien biasanya mengikuti salah satu pola dibawah ini :

1. Hopscotch


2. Cloverleaf



Metode untuk mendevelop rute yang efisien :
1. Largest Angle Heuristic



Contoh :
Sales telah menempuh perjalanan dari Titik A ke B. harusnya sales melanjutkan ke titik C atau D? Jika menggunakan metode Sudut heuristik yang paling besar, sales harus memilih untuk menuju D. Karena Ketika memilih suatu rute yang menggunakan Sudut heuristik yang paling besar, sales harus selalu menuju ke suatu titik yang menghasilkan penjuru/sudut yang paling besar untuk titik akhir yang dikunjungi. Heuristik ini akan membantu memastikan bahwa rute berbentuk lingkar dan menuju ke untuk menghasilkan rute yang efisien.

2. Closest Next Heuristic



Contoh :
Sales telah menempuh perjalanan dari Titik A ke B. harusnya sales melanjutkan ke titik C atau D? Jika menggunakan metode Closest Next Heuristic, Sales harus memilih untuk menuju D. Karena jika design route menggunakan metode Heuristik berikutnya yang terdekat, maka sales harus selalu menuju ke titik yang terdekat dari posisi sales terakhir.

Ilustrasi Rute Sales :

Tidak ada komentar:

White Swan Online Store