White Swan Online Store

Sabtu, 06 Desember 2008

Empat P (Marketing Mix)

Para pemasar tentu ingat apa itu 4-P karena merupakan 'pelajaran' dasar bagi profesi yang digeluti. Berikut ini sekadar mengingatkan, siapa tahu Anda sudah mulai melupakan pentingnya 4-P dalam berjualan. Inilah 4-P yang diungkap oleh Women's Business Centre melalui http://www.onlinewbc.gov/.

1. Product (Penampilan produk dan manfaat).

Produk yang baik selalu mampu menarik perhatian konsumennya. Baik dari ukuran, bentuk, warna, bahan dan sebagainya. Produk yang dijual juga harus mencantumkan manfaat maksimal bagi pemakainya sehingga bisa mendatangkan kepuasan.

2. Price (Penentuan harga).

Ini masalah paling penting dalam penjualan. Penetapan harga sebaiknya sesuai dengan kualitas barang yang dijual. Harga harus menguntungkan penjual dan pembeli. Bagi sebagian konsumen harga tertentu dari suatu barang masih masuk akal. tapi bagi lainnya belum tentu.

3. Promotion (Promosi).

Rencana promosi mesti disesuasikan dengan anggaran, dan media yang tepat dan konsumen yang hendak dituju agar hasilnya maksimal dengan pengeluaran minimal. Promosi hendaknya dipadukan dengan pemasaran agar efektif.

4. Place (Sales and Distribution).

Penjualan dan distribusi. Penjualan bisa dilakukan secara langsung, tidak langsung, multilevel, atau penjualan melalui agen besar. Pemilihan cara ini menentukan efektivitas penjualan karena setiap produk memiliki karakter beragam agar sampai ke tangan konsumen pada saat yang tepat.

Tidak ada komentar:

White Swan Online Store