White Swan Online Store

Selasa, 09 Desember 2008

Hubungan Kerja Erat

Anda ingin merekatkan hubungan antarkaryawan agar langgeng? Coba saja resep yang diramu oleh peneliti dari Amerika ini. Para peneliti yang dipimpin oleh James E Deal dari Universitas Arizona mewawancarai 119 perusahaan. Hasilnya, hubungan kerja yang positif ternyata bukan hubungan yang tanpa masalah. Hanya saja, Anda dan rekan kerja Anda harus sama-sama sepakat bahwa memang ada masalah.
Apabila Anda beranggapan bahwa ada masalah sedangkan rekan Anda menganggap segala sesuatu berjalan lancar, maka Anda berdua menghadapi ketidakbahagiaan. Semakin besar kesamaan persepsi, semakin langgenglah hubungan kerja. Juga, semakin puaslah rekan kerja itu terhadap hubungan mereka. Jika mereka merasa bahwa rekan kerjanya semakin menghargai dan memahami perasaannya, maka mereka semakin merasa menjalani komunikasi yang terbuka dan positif.
Para peneliti itu sempat terkejut ketika mengetahui bahwa derajat kesamaan persepsi itu tak ada hubungannya dengan berapa lama hubungan kerja mereka. Selama dua tahun penelitian, derajat kesamaan persepsi itu juga tidak meningkat.
Laporan peneliti itu juga mengungkapkan bahwa kesamaan persepsi itu telah dibangun sejak awal hubungan. Karena itu periode perkenalan ikut menentukan kadar kesamaan persepsi. Meskipun begitu, penyamaan persepsi juga bisa diperbarui terus selama masa hubungan kerja.

Tidak ada komentar:

White Swan Online Store