White Swan Online Store

Sabtu, 06 Desember 2008

Pemasaran Produk Berdasarkan Jenis Kelamin

Menawarkan Produk kepada Wanita

Wanita merupakan pasar bisnis yang cukup menggiurkan bagi kalangan pemasaran. Namun, banyak produk yang ditawarkan tidak akan berarti banyak bila tidak didukung dengan strategi pemasaran yang tepat. Sering kali pemasaran gagal karena si penjual tidak memahami keinginan wanita. Judith Tingley, seorang psikolog bisnis melalui bukunya How to Sell to The Oposite Sex, seperti yang dikutip Martha Barletta dalam bukunya Marketing to Woman, menyampaikan beberapa tips bagi profesional pria agar bisa menjual produk keperluan wanita.

  1. Luangkan waktu lebih banyak dalam menangani proses pembelian, jangan terburu-buru.
  2. Perlakukan wanita dengan serius sebagai orang yang berpengetahuan dan memiliki kemampaun keuangan.
  3. Dengarkan keinginan dan kebutuhan yang akan dipenuhi melalui pembelian, bukan hanya menjual dan menjual saja.


Menawarkan Produk pada Pasangan Pria dan Wanita
Setiap pasar memiliki keunikan. Demikian pula pasangan pria dan wanita. Menurut Judith Tingley, seorang psikolog bisnis, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam menjual produk kepada pasangan pria dan wanita.
Wanita, misalnya, sering kali mengajukan pertanyaan kepada tenaga penjual atas sebuah produk ketika pergi berbelanja bersama suaminya. Namun, ada pula wanita yang masih mendiskusikan bersama suaminya atas penawaran yang diajukan sang penjual. Untuk barang atau jasa yang nilainya tinggi, penjual sebaiknya memberikan kesempatan kepada pasangan itu untuk mempertimbangkannya terlebih dahulu.

  1. Mintalah pendapat langsung dari wanita tanpa dia meminta saran dari suaminya terlebih dahulu.
  2. Ketika berhadapan dengan pasangan pria dan wanita, Anda harus tahu betul bagaimana cara berjualan kepada perempuan. Dengarkan dengan cermat setiap ucapannya, gunakan isyarat nonverbal untuk menunjukkan bahwa Anda mengikuti pembicaraannya. Posisikan barang yang Anda tawarkan menjadi bagian dari 'kisah hidupnya.'
  3. Tekankan manfaatnya dan jawab semua pertanyaan dengan cermat dan memuaskan.
  4. Pastikan Anda 'meninggalkan' mereka dalam waktu yang cukup untuk memberikan 'privacy' dalam berdiskusi sebelum mengambil keputusan. Apabila pasangan pria harus mengambil keputusan segera di tempat, kemungkinan pasangan wanita tidak puas.

Tidak ada komentar:

White Swan Online Store