White Swan Online Store

Selasa, 09 Desember 2008

Kiat-kiat Agar Pelatihan Berjalan dengan Sukses

Pelatihan karyawan sering kali kurang efektif karena peserta kurang menyadari manfaat pelatihan itu sendiri. Padahal banyak manfaat bisa diraih dari mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan tempat mereka bekerja atau tempat lain. Susan M Heathfield, konsultan sumber daya manusia (SDM), memberikan sejumlah tips agar pelatihan berjalan efektif.

  1. Pastikan pelatihan itu menjadi tanggung jawab peserta karena itu harus dilakukan dengan serius. Termasuk keikutsertaannya secara aktif dengan menampilkan sejumlah gagasan baru dan bisa diterapkan saat kembali bekerja.
  2. Pastikan pelatihan itu memberikan tugas bagi para pesertanya. Mulai dari membaca hingga merangsang keikutsertaan aktif para peserta. Itu bisa dilengkapi dengan sistem nilai agar peserta kian termotivasi. Penghargaan bagi peserta yang berprestasi dan rangsangan karier menarik bisa ditawarkan agar mereka lebih bersemangat menjalani pelatihan.
  3. Pengawas pelatihan dan manajer harus terus-menerus memantau dan mengetahui apa saja yang disampaikan saat pelatihan itu. Seorang pengawas juga bisa menentukan bentuk pelatihan yang sesuai bagi karyawan sehingga mereka bisa menerapkannya dan memperoleh gagasan baru yang menarik. Bahkan, pengalaman seorang petinggi perusahaan bisa diceritakan pada bawahan untuk bahan diskusi yang menarik.
  4. Kebanyakan tenaga pengawas miskin pengalaman melatih dalam pekerjaannya. Bahkan, jarang tenaga pengawas atau peserta yang bisa mempraktikkan hasil pelatihan pada kegiatan bekerja sehari-hari secara maksimal. Karena itu, perlu dukungan tenaga personalia atau manajemen yang mampu menjabarkan kebijakan perusahaan kepada tenaga pengawas agar pelatihan berjalan lebih efektif.

Tidak ada komentar:

White Swan Online Store