White Swan Online Store

Selasa, 27 November 2007

Be-Do-Have

Dalam buku Cash Flow Kuadrant karya Robert T. Kiyosaki, dia bercerita bahwa untuk menjadi seorang yang sukses harus malalui tiga tahap :

#1 Be (Menjadi) : Kita harus mengubah pola pikir diri kita agar selalu ke arah kesuksesan. Kita perlu bermimpi dan belajar dari banyak hal. Di dunia ini ada milyaran oarang, namun mengapa hanya sedikit yang sukses? Hal yang paling mendasar adalah karena banyak orang tidak mau mengubah paradigma dalam hidupnya bahwa dia berhak sukses. Sukses adalah pilihan. Kita bisa memilih sukses atau tidak. Andre Wongso, salah seorang motivator terkenal di Indonesia, pernah mempertegas lagi hal ini bahwa sukses adalah kepastian karena kita semua pasti jika ditanya, maka semuanya menjawab ingin sukses. Tahukah anda bahwa banyak orang memenangkan lotere jutaan dolar, namun pada akhirnya dia tetap miskin. Mengapa ? Karena dia tidak mengubah pola pikir (mindsetnya).

#2 Do (Melakukan) : Kita harus melakukan tindakan nyata agar bisa terealisasi. Hanya menjadi pemimpi dan belajar saja tidaklah cukup karena diperlukan tindakan. Seorang pemimpi (dreamer) tetaplah pemimpi jika dia tidak bisa mengambil tindakan. Belajar saja tidak cukup, mulai lakukanlah dulu dengan langkah-langkah kecil. Yang terpenting bukannya seberapa jangkauan tiap langkah kita, namun seberapa banyak jumlah langkah yang kita tempuh. Lakukanlah dulu dengan langkah-langkah kecil namun banyak daripada satu langkah besar saja. Tetangga saya yang dulunya tukang becak yang biasa mengantar saya sekolah, kemudian akhirnya menjadi pengusaha bakso yang sukses dan mempunyai rumah tingkat, serta menjadi orang kaya di desa saya. Itu karena dia mempunyai tekad dan bekerja keras untuk menjadi orang sukses.

#3 Have (Mempunyai) : Kita baru bisa mempunyai sukses kalau kita telah menjadi dan melakukan hal-hal untuk menuju kesuksesan. Setelah punya mimpi dan belajar, kemudian kita melakukan hal-hal nyata untuk menuju sukses, lalu pada akhirnya kita akan menjadi orang sukses.

Ingatlah selalu akan sinergi 3 langkah penting yang harus kita terapkan agar kita sukses, yaitu Be-Do-Have (Menjadi-Melakukan-Mempunyai).

Tidak ada komentar:

White Swan Online Store